PENGARUH ARANG BAMBU PADA SARINGAN PASIR LAMBAT TERHADAP ZAT PADAT TERLARUT ATAU TSS PADA LIMBAH CAIR PENAMBANG EMAS

Dini Rahmiyani, Lensoni Lensoni, Ulfa Hanum, Wahida Amalina, Putri Junita

Abstract


Zat padat tersuspensi (total suspended solid) adalah seluruh zat padat baik pasir, lumpur maupun tanah liat atau partikel-partikel yang tersuspensi dalam air lainnya dapat Berupa komponen biotik misalnya fitoplankton, zooplankton, bakteri atau komponen abiotic, dengan penelitian ini diharapkan bisa mengerti tentang pengaruh tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar zat padat terlarut pada limbah cair penambang emas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan praktek lapangan dan juga analisis kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah hasil uji sampel. Hasil analisis menunjukan dari setiap titik pengambilan sample didapat bahwa kadar TSS pada titik sampel AH MH 1, AH MH 3, dan AH MH 2 tidak berturut-turut adalah tidak terdeteksi yang terdeteksi hanya sampel AB MB 1. Titik pengamatan pada sampel AB MB 1 melewati ambang batas yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 202 Tahun 2004.  Tentang Baku Mutu air limbah bagi usaha dan/atau kegiatan pertambangan bijih emas dan/atau tembaga, yaitu 200 mg/L.

 

Kata kunci : Arang bambu, zat padat, limbah cair

References


Tarigan, M. S, Edward. (2003). Kandungan total zat padat tersuspensi (total suspended solid) di perairan raha sulawesi tenggara. Sanis, 7(3), 109-119.

Fatimah, A, Harmadi, Wildian. (2014). Perancangan alat ukur tss (total suspended solid) air menggunakan senso serat optik secara real time. Jurnal ilmu fisika, 6(2), 68-77.

Mustofa, A. (2017). Kandungan total zat padat tersuspensi dari outlet tambak udang intensif di kabupaten jepara. Jurnal disprotek, 8(1), 34-45.

Suberyanto, D. (2012). Penelitian pembuatan arang bambu (bambo charcoal) pada suhu rendah untuk produk kerajinan, 33-59.

Johan, T. L, Ediwarman. (2015). Dampak penambang emas terhadap kualitas air sungai singingi di kabupaten kuatan singingi provinsi riau. Jurnal ilmu lingkungan, 5(2), 108-183.

Gani, P. R, Abidjulu, T, Wuntu, A. D. (2017). Analisis air limbah pertambangan emas tanpa izin desa bakan kecamatan loyan kabupaten bolaang mongondow. Jurnal mipa, 6(2), 6-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.