PENGARUH PRILAKU MASYARAKAT DALAM MENJAGA PROTOKOL KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

Muslim Amin, Syahrul Ramadhan

Abstract


Perilaku merupakan tangapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Didalam hal ini perilaku menjadi domain penting untuk pencegahan covid -19.  Perlu di ketahui covid-19 merupakan virus yang sedang menjadi wabah diseluruh dunia, saat ini dikenal dengan nama Severe acure respiratory syndrome coronasvirus 2 (SARS-CoV- 2). Penyakit sesak nafas berat yang ditimbulkan oleh  virus       ini disebut pneumonia Covid-19. Penelitian ini mengunakan metode Deskriptif kuantitatif yang di lakukan kepada masyarakat Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar  dengan jumlah responden 395, teknik pengumpulan data menggunakan random sampling, istrumen penelitian menggunakan kuisoner, penyajian data yang dibentuk atau di  sajikan dalam bentuk table frekuensi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwasanya pengaruh perilaku masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan terhadap pencegahan covid-19 Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar yaitu pengaruh pengetahuan 48%, sosial ekonomi 93%, lingkungan 73%, budaya 57%, dukungan keluarga 96%, perilaku 80%, dan pencegahan covid-19 75%. Disarankan  kepada masyarakat   untuk terus meningkatkan taraf kesehatan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan menjaga protokol kesehatan di lingkungan masyarakat agar mewujudkan lingkungan yang kondusif disaat pandemi covid-19. kepada dinas kesehatan setempat agar dapat melakukan pemantauan dan penyuluhan atau sosialisasi demi meningkatkan pengetahuan masyarakat di masa pandemi covid-19. Kepada dinas pendidikan setempat untuk terus memantau tingkat pendidikan anak anak agar mewujudkan generai cerdas walau dimasa pandemi covid-19

References


L. Anhusadar and I. Islamiyah, “Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 463, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.555.

J. Moudy and R. A. Syakurah, “Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia,” Higeia J. Public Heal. Res. Dev., vol. 4, no. 3, pp. 333–346, 2020.

I. Ismaturrahmi, “PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG BAHAYA GADGET, NARKOBA, DAN PERGAULAN BEBAS DI SMA NEGERI 1 KUTA COT GLIE,” Pros. SENASTAKA, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.