Parameter Kegagalan Kontraktor Pelaksana Pada Proses Pengadaan Penyedia Jasa Konstruksi Asosiasi Hjki Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru

Fitridawati Soehardi, Armaisastrawati Armaisastrawati, Fadrizal Lubis

Abstract


Semua penyedia barang/jasa yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat mengikutinya pelelangan, namun pada proses lelang ada suatu fenomena yang krusial yakni gagal lelang atau kalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis parameter kegagalan Kontraktor Pelaksana pada proses pengadaan penyedia jasa konstruksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menguji parameter yang dapat menimbulkan kegagalan kontraktor pelaksana pada proses pengadaan penyedia jasa konstruksi. Hasil penelitian diperoleh bahwa parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kegagalan lelang proyek yakni resiko tidak memenuhi syarat dokumen kualifikasi dan resiko tidak memenuhi syarat dokumen penawaran. Faktor resiko tidak memenuhi syarat dokumen kualifikasi, faktor yang paling dominan adalah kontrak pendukung pengalaman perusahaan, tenaga ahli dan surat pernyataan mempunyai kinerja baik dan tidak termasuk daftar hitam rekanan, sedangkan resiko tidak memenuhi syarat dokumen penawaran, faktor yang paling dominan adalah harga penawaran kalah bersaing dengan peserta lain, rencana kerja tidak memenuhi standar owner/tidak disetujui dan web LPSE dikunci/tidak bisa dibuka. Solusinya perlu dilakukan dilakukan pengecekan kembali sebelum pelaksanaan tenderselanjutnya, Pelatihan tata cara pengadaan barang/jasa pemerintah perlu dilakukan oleh pihak penyelenggara.  Pihak penyelenggara perlu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program yang berjalan pada sistem layanan pengadaan serta menyusun waktu efektif dan efisien dalam mempersiapkan dokumen proses penawaran sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh paket kegiatan yang kan dilelang.

Keywords


Parameter, kegagalan lelang, Kontraktor

Full Text:

PDF

References


Abimantara, G. C., & Purwito, A. 2019). Analisa Kegagalan Kontraktor Dalam Proses Tender Sistem E-Procurement Pada Proyek Pemkot Surabaya Tahun 2018. Jurnal Rekayasa Dan Managemen Konstruksi, 7(1), 33–41.

Djuniati, S., Komara, R. T., & WahyuDyah, N. (2015). Analisa Variabel Kegagalan Kontraktor Di Kota Pekanbaru Dalam Proses Evaluasi Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (E- Procurement). In Annual Civil Engineering Seminar 2015 (Vol. 1, pp. 37–45). Pekanbaru: Fakultas Teknik Universitas Riau.

Dyah, N. W., Komara, R. T., & Djuniati, S. (2015). Analisa Variabel Kegagalan Kontraktor di kota Pekanbaru Dalam Proses Evaluasi Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah Secara Elektronik (E-Procurement). Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik, 2(2), 1–11.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.). Universitas Dipenegoro.

I N. R. Karyasa, I. M. A. K. S. & M. N. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gagal Lelang Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik ( E-Procurement ) Di Kabupaten Badung. Jurnal Spektran, 2(1), 27.

Karyasa, I. N. R., Salain, I. M. A. K., & Nadiasa, M. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gagal Lelang Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik ( E-Procurement ) Di Kabupaten Badung. Jurnal Spektran, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2014.v02.i01.p03

Prihatini, L., Malik, A., & Komara, R. T. (2017). Evaluasi kegagalan penyedia jasa konstruksi dalam proses pengadaan jasa konstruksi dengan sistem elektronik (Studi Kasus: Dinas Pekerjan Umum Kabupaten Pelalawan). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau, 4(1), 1–10.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 1 (4th ed.). Salemba Empat.

Sugiyono, P. D. (2007). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v7i2.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitridawati Soehardi, Armaisastrawati Armaisastrawati, Fadrizal Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019