PEMANFAATAN LIMBAH PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) NAGAN RAYA SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH EKSPANSIF

Muhammad Zardi, Meliyana Meliyana

Abstract


Tanah ekspansif adalah tanah yang kandungan lempungnya memiliki potensi kembang susut akibat perubahan kadar air. Kondisi jalan pada ruas jalan Ie Mirah-Lama Muda (Kabupaten Aceh Barat Daya) mengalami hal yang sama, yaitu cepat mengalami kerusakan meskipun sering dilakukan perbaikan pada lapisan permukaan (surfase). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fly ash yang berasal dari PLTU Nagan Raya layak dijadikan bahan stabilisasi untuk proyek-proyek jalan pada tanah ekspansif khususnya ruas jalan lintas barat Aceh. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan stabilisasi tanah dengan menambah Fly Ash dan melakukan pengujian di Laboratorium Pengujian yang dilakukan adalah analisis kadar air, analisis saringan, analisis berat jenis, pengujian batas attenberg, analisis CBR dan pemadatan standar proctor. Hasil dari uji laboratorium menunjukkan adanya penurunan berat jenis sampel tanah disebabkan karena tanah distabilisasi dengan fly ash yang memiliki berat jenis yang lebih kecil. Hasil dari penambahan Fly Ash menurunkan kadar air dalam campuran tanah. Hal ini sangat menguntungkan dalam proses stabilisasi karena potensi pengembangan tanah semakin berkurang. Hasil test Attenberg menunjukkan penambahan Fly Ash 20% mampu menurunkan nilai indeks plastisitas dari 28,61% menjadi 2,88%. Hal ini terjadi karena penambahan Fly Ash menyebabkan terjadinya ikatan antar partikel dan tertutupnya sebagian pori-pori tanah sehingga tanah menjadi kurang sensitif terhadap perubahan kadar air. Penambahan Fly Ash meningkatkan berat isi kering karena terjadi perubahan distribusi butiran halus menjadi tanah berbutir kasar sesuai banyaknya penambahan Fly Ash. Penambahan fly Ash 20% memberikan peningkatan yang cukup signifikan dengan nilai CBR sebesar 15,7% dibandingkan daya dukung tanah asli yang hanya memiliki nilai CBR 3.4% dan tergolong tanah yang jelek. Fly Ash yang berasal dari PLTU Nagan Raya layak untuk dijadikan bahan stabilisasi tanah dalam pelaksanaan konstruksi khususnya jalan raya yaitu sebagai subbase course

Full Text:

PDF

References


ASTM. (1997). Annual Book Of ASTM Standards, Volume 04.08 Soil and Rock, First Edition.

Badan Litbang PU Departemen Pekerjaan Umum. (2006). RSNI 2006 Pd T-10-2005-B. Penanganan Tanah Ekspansif Untuk Konstruksi Jalan. Jakarta

Bowles, J.E. (1993). Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Jakarta: Penerbit Erlangga, Jakarta.

CHEN, F.H. (1975). Foundation on Expansive Soil, Development in Geotechnical Engineering Amsterdam: Esevier Scientific Publishing Company,.

Chomaedhi., et. al. (2007). Kajian Tanah Ekspansif, Jalan Akses Jembatan Suramadu Sisi Madura. Jurnal Aplikasi, 3(1), 11-15.

I. Yilmaz. (2004), Relationships between Liquid Limit, Cation Exchange Capacity, and Swelling Potentials of Clayey Soils, Eurasian Soil Science, 37(5), 506–512.

J.E Gillott. (1987). Clay in Engineering Geology. Amerika: Elsevier Science Publishing Company Inc,.

Karimah, M.A. (2014). Pengaruh Penambahan Bahan Campuran Dengan Komposisi 75% Fly Ash dan 25% Slag Baja Pada Tanah Lempung Ekspansif Terhadap Nilai CBR dan Swelling. Jurnal Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(2), 277-285.

Sudjianto, A.T., et.al. (2011). The Effect of Water Content Change and Variation Suction in Behavior Swelling of Expansive Soil. International Journal of Civil & Environmental Engineering IJCEE-IJENS, 11(3), 11-17.

Sulistyowati, T. (2006). Pengaruh Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Dengan Fly Ash Terhadap Nilai Daya Dukung CBR. e-Journal FT UNRAM, 2(1), April 2006, 77-83.

V. Dakshanamurthy dan V. Raman. (1973). A Simple Method of Identifying an Expansive Soil. Journal Soil and Foundation, 13(1), Maret 1973, 96-101.

Wesley, L.D. (1977). Mekanika Tanah, Cetakan Ke-enam. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan umum.

Wesley, L.D. (2012). Mekanika Tanah Untuk Tanah Endapan dan Residu. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Yang Fang. H. (1991). Foundation Engineering Handbook. Amerika: Kluwer Academic Publisher.

Yuliet Rina, A., et. al. (2011). Uji potensi mengembang pada tanah lempung dengan metoda free swelling test (Studi Kasus: Tanah Lempung Limau Manih – Kota Padang). Jurnal Rekayasa Sipil, 7(1), Februari 2011, 25-36.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v3i1.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teknik Sipil Unaya



Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019