Analisa Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan Cut Nyak Dhien Simpang Ajun Kabupaten Aceh Besar

Zulfikar Zulfikar, Heru Pramanda, Bunyamin Bunyamin

Abstract


Jalan Cut Nyak dhien, Aceh Besar yang menjadi pusat perbelanjaan berupa pasar tradisional. Pada ruas jalan tersebut terdapat parkir di badan jalan (on-street parking) yang menyebabkan kapasitas jalan menjadi berkurang. Kondisi geometrik ruas jalan dengan adanya pedagang kaki lima (PKL) dipersimpangan menyebabkan terjadinya titik konflik. Simpang ini merupakan jalan alternatif, keluar masuk nya kendaraan, baik untuk berpergian maupun aktifitas lainnya dan kawasan dengan pemukiman yang padat. Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan cara melakukan survey dilapangan untuk mendapatkan volume kendaraan, dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengujian ini merupakan survey langsung dilapangan, meliputi data sekunder dan data primer. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji kemacetan, kepadatan volume lalu-lintas pada simpang jalan berdasarkan karakteristik dan aktifitas jalan. Hasil yang didapatkan dari hasil survey dan pengolahan data adalah Jumlah volume arus lalu lintas kendaraannya (Qtot) pada jam puncak kendaraan tertinggi terjadi pada hari minggu sebesar 6260 smp/jam. Maka kinerja simpang masih dalam kinerja yang baik sehingga harus dioptimalkan. Serta Nilai derajat kejenuhan pada hari Minggu mewakili volume kendaraan tertinggi didapat DS> 0,85 yaitu sebesar 1,69, sehingga Tingkat Pelayanannya (LOS) dikatagorikan ≥ 1,00 yaitu arus terhambat.


Keywords


Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan (LOS), MKJI 1997.

Full Text:

PDF

References


Anshari, Agung Sukma. 2014. “Volume Lalu Lintas Ruas Jalan Pangalengan--Rancabuaya.” E-Journal Graduate Unpar 1(1).

MKJI, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, Jakarta.

Tahir, Anas. “ANALISIS KINERJA RUAS RUAS JALAN UTAMA DI SEKITAR BANDAR UDARA MUTIARA PALU (Studi Kasus: Jl. Abd. Rahman Saleh, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Dewi Sartika, Jl. Muh. Yamin).” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Transportasi 1(2).

Tamin, (2008), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Edisi 2), Bandung. ITB.

Zulkipli, Selamat, and ZONY YULFADLI. 2017. “Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang.” KURVA S 4(1): 131–36.

ZULKIPLI, SELAMAT. 2016. “Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang.” KURVA S JURNAL MAHASISWA 4(2): 1011–22.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v8i1.2222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zulfikar Zulfikar, Heru Pramanda, Bunyamin Bunyamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019