Analisis Kapasitas Parkir Motor Pada Area Parkiran Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Rizkia Indriani Putri, Selvia Agustina, Arief Saefudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak ruang parkir yang diperlukan di area parkiran Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Untuk mencapai tujuan, metode penelitian ini menggunakan survei lapangan, melakukan analisis data tentang jumlah kendaraan yang parkir, dan kemudian melakukan penilaian kapasitas parkir. Hasil analisis ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan jumlah ruang parkir yang diperlukan untuk parkiran Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Volume parkir selama dua hari diketahui sebagai hasil dari penelitian ini. Selasa memiliki jumlah kendaraan parkir tertinggi sebanyak 7782, dengan kapasitas statis parkir 616 kendaraan dan kapasitas dinamis parkir 1.176 kendaraan selama 10 jam, dengan indeks parkir 1,467. Jumlah kendaraan parkir tertinggi terjadi antara pukul 13.00 dan 14.00 pada hari Selasa, dengan total 7782 kendaraan parkir. Selasa adalah hari dengan jumlah kendaraan parkir tertinggi, dengan 892 kendaraan per jam dan kapasitas parkir statis 616 kendaraan, dan kapasitas parkir dinamis 1.176 kendaraan selama 10 jam, dengan indeks parkir 1,467. Turnover rata-rata 12,63 kali. Berdasarkan analisis kebutuhan parkir yang dibutuhkan adalah 995 SRP. Ini berarti masih kurang 379 SRP dari 616 SRP kapasitas statis.

Keywords


(Parkir; Karakteristik Parkir; Kapasitas Parkir)

Full Text:

PDF

References


Asriandni, Meliyana, Silviana, M., & Amin, A. (2024). Analilis Kebutuhan Lahan Parkir Mobil RSUD Dr. Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh. Jurnal Teknik Sipil Unaya, 10(1), 9–15.

Baghestani, A., et al. (2021). Cordon Pricing, Daily Activity Pattern, and Exposure to Traffic-Related Air Pollution: A Case Study of New York City. Atmosphere, 12(11), 1458.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1996, dari “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir”, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Hobbs, F.D. 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ma, C., Huang, X., & Li, J. (2024). A review of research on urban park-ing prediction. In Journal of Traf-fic and Transportation Engineer-ing (English Edition), 11(4), 700–720.

Nabal, A. R. J. (2014). EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR PADA AREA PARKIRAN KAMPUS FISIP UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. Jurnal TEKNIK SIPIL, 13(1), 32–44.

Parmar, J., Das, P., & Dave, S. M. (2020). Study on demand and characteristics of parking system in urban areas: A review. In Journal of Traffic and Transportation Engineering (English Edition), 7(1), 111–124.

Putri, D. A. P. A. G., & Budiarnaya, P. (2022). ANALISIS KARAK-TERISTIK DAN KEBUTUHAN PARKIR DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 11(1), 33–39.

Royan, N. (2015). ANALISA DAYA TAMPUNG PARKIR RUMAH SAKIT ISLAM SITI KHADI-JAH PALEMBANG. Bearing : Jurnal Penelitian Dan Kajian Teknik Sipil, 4(2), 43–52.

Sumina, & Krisnawati, E. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN DAN KAPASITAS AREA PARKIR DI AREAL PER-BELANJAAN KOTA SURA-KARTA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 26(1), 12–24.

Tripoli, B., Djamaluddin, R., & Nas, F. (2019). ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus : Ruas Jalan Singgah Mata I Kelurahan Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat). Jurnal Teknik Sipil Universitas Teuku Umar, 5(2), 82–91.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v11i1.5853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rizkia Indriani Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019