Kinerja Pertumbuhan Nener Bandeng (Chanos-chanos) dengan Penggunaan Tepung Daun Gamal (Gliricidia sepium) sebagai Bahan Pakan

Harun Harun, Azwar Azwar, Rijalul Fajron, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Daun gamal merupakan salah satu jenis tanaman hijauan yang dapat diproduksi secara berkesinambungan dan dapat dijadikan sebagai bahan baku penyusun ransum pakan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pertumbuhan, tingkat kelangsungan hidup, rasio konversi pakan nener bandeng (Chanos-chanos). Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Sebagai perlakuan adalah penggunaan tepung daun gamal 40%, 30%, 20% dan 0% dalam pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, tingkat kelangsungan hidup, rasio konversi pakan terbaik ditemukan pada perlakuan penggunaan tepung daun gamal 0% dan 20%. Berdasarkan uji lanjut Beda Nyata Terkecil menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun gamal sebagai bahan baku pakan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, rasio konversi pakan dan tingkat kelangsungan hidup nener bandeng (P<0.05)

Keywords


pakan, pertumbuhan, kelangsungan hidup, nener bandeng, tepung daun gamal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30601/tilapia.v2i1.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurhayati Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Tilapia oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/tilapia/index.