Kualitas Air pada Media Pemeliharaan Benih Ikan Nila dengan Pemberian Pakan Fermentasi Tepung Daun Indigofera

Azwar Thaib, Nurhayati Nurhayati, Suraiya Nazlia, Rahmad Hidayat

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan kondisi pengecekan  parameter kualitas air media pemeliharaan benih ikan nila yang diberikan pakan tepung daun Indigofera (Zollingeriana) hasil fermentasi bakteri Bacillus sp. Perlakuan penelitian ini digunakan untuk melihat pengaruh  antara : kontrol (tanpa perlakuan) dan perlakuan (pakan dari penambahan tepung daun Indigofera (Zollingeriana) hasil fermentasi bakteri Bacillus sp. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang  digunakan untuk menguji pengaruh variabel independent terhadap variable dependent. Analisis yang digunakan adalah Uji T  untuk melihat pengaruh dari pemberian tepung daun indigofera (Zollingeriana) hasil fermentasi bakteri Bacillus sp. terhadap kualitas air. Benih ikan nila yang digunakan berukuran ± 4,0 - 6,0 cm dan bobot  ± 1,43 – 3,33 gram dengan jumlah tebar 10 ekor per wadah dan diisi air dengan volume 9 liter. Perlakuan B2 (Bacillus sp. Fermentasi 48 jam) merupakan perlakuan yang menunjukkan hasil kualitas air optimal untuk benih ikan nila dengan nilai suhu rata-rata 27 0C ± 0,00, pH 8,1 ± 0,05 posfat 10,85 ± 2,76, nitrit 0,13 ± 0,15, nitrat 1,60 ± 1,66 dan total bakteri 2833 ± 1258. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter pH merupakan variable dependent yang berpengaruh dari pemberian tepung daun indigofera (Zollingeriana) hasil fermentasi bakteri Bacillus sp. terhadap kualitas air.

Kata kunci : kualitas air, ikan nila, indigofera, Bacillus sp. Fermentasi.

Full Text:

PDF

References


Apriani, R., Ferasyi, T. R., & Razali, R. (2017). Jumlah cemaran mikroba dan nilai organoleptik ikan tongkol (Euthynnus affinis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner, 1(3), 598-603.

Herdiawan I. 2013.Pertumbuhan Tanaman Pakan Ternak Leguminosa Pohon Indigoferazollingeriana pada Berbagai Taraf Perlakuan Cekaman Kekeringan.Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner. 18(1): 258-264.

Indonesia, S. N., & Nasional, B. S. (2004). Air dan air limbah–bagian 9: Cara uji nitrit (NO2_N)secara spektrofotometri. Badan Standardisasi Nasional.

Suprihatin. 2010.TeknologiFermentasi. Surabaya (ID): UNESA Press.

Wakhyudin, H., & Juliyanti, R. (2014). Model Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(2).




DOI: https://doi.org/10.30601/tilapia.v4i1.2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmad Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Tilapia oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/tilapia/index.