Gambaran Histopatologi Hati Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) yang diberi Arang Aktif Tulang Ikan Kambing-Kambing (Abalistes stellaris) pada Pakan

Andri Ismunanda, Nurhayati Nurhayati, Suraiya Nazlia

Abstract


Hati merupakan organ yang berperan dalam keberlangsungan proses metabolisme dalam tubuh, organ ini berfungsi mendetoksifikasi, sintesis protein, dan produksi bahan kimia yang membantu mencerna makanan. Salah satu masalah dalam keberlangsungan proses metabolisme adalah kerusakan organ hati. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan hati adalah dengan penambahan suplemen pada pakan. Suplemen yang dapat diberikan adalah arang aktif. Arang aktif memiliki kemampuan daya serap yang tinggi sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan proses menyerap nutrisi oleh ikan. Salah satu sumber arang aktif yang dapat digunakan adalah tulang ikan, tulang ikan yang dapat digunakan adalah tulang ikan kambing-kambing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penambahan arang aktif tulang ikan kambing-kambing berpengaruh terhadap hitopatologi hati ikan gurami. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk gambar. Penelitian dilakukan di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama Aceh. Pengujian histopatologi sampel awal dilakukan di Laboratorium BBAP Ujung Batee dan pengujian histopatologi sampel akhir penelitian dilakukan di Central Pet. yang dimulai   7 Januari – 7 Maret 2021. Parameter uji adalah gambaran histopatologi hati ikan gurami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan arang aktif tulang ikan kambing-kambing pada pakan pada perlakuan tanpa pemberian arang aktif 0% (A) telah terjadi kerusakan seperti hemoragi dan karioreksis, pada perlakuan penambahan arang aktif 1% (B) dan penambahan arang aktif 2% (C) telah terjadi kerusakan seperti hemoragi, karioreksis dan degenerasi hidropik, sedangkan pada perlakuan penambahan arang aktif 3% (D) terdapat kerusakan seperti hemoragi dan degenerasi hidropik

Keywords


Hati, histopatologi, arang aktif, tulang ikan kambing-kambing.

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. Identifikasi Parasit Pada Ikan Betok (Anabas testudies). Bioscientiae. 8(2) : 36-45

Deshpande, U. R., Joseph, L. J., and Samuel, A. M. 2003. Hepatobiliary Clearance of Labelled Mebrofenin in Normal and D-Galactosamine HClInduced Hepatitis Rats and the Protective Effect of Turmeric Extract. Indian J. Physiol Pharmacol. 47:332-336

Kumar V, Abbas AK, Fausto N 2009. Adaptasi, cidera dan kematian sel, dalam Robbins and Cotran: dasar patologi penyakit, 7th Ed, trans. BU Pendit, EGC, Jakarta, Hal 13-37.

Lim, K. H., T. T. Tjoon dan H. I. Muhamad. 2012. Adsorption and Removal of Zinc (II) from Aqueous Solution Using Powdered Fish Bones. Elsevier, vol. I, pp. 96-102.

Lempang M. 2014. Pembuatan dan Kegunaan Arang Aktif. EBONI. 11(2) 65-80.

Melia, Y., Handayani, L., & Nurhayati. (2022). Gambaran Histologi Hati Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Terpapar Pestisida Golongan Organofosfat. TILAPIA, 3(1), 38–46.

Nurhayati., Nazlia, S., Fattah, A., Pradinata, Y., Handayani, L dan Harun. 2021. Kinerja Pertumbuhan Ikan Gurami, Osphronemus goramy dengan Penambahan Arang Aktif Tulang Ikan Kambing-kambing dalam Pakan. Jurnal Media Akuakultur, 16 (2):87-93.

Pirarat, N., Boonananthanasarn, S., Krongpong, L., & Katagiri, T. (n.d.). Original Article Effect of Activated Charcoal-Supplemented Diet on Growth Performance and Intestinal Morphology of Nile Tilapia ( Oreochromis niloticus ). Thai J Vet Med 45(1), 113–119.

Sari, W. Oktavia, W, I., Ceriaman, R., Sunarti. Struktur Mikroskopis Hati Ikan Seurukan (Osteochilus vittatus) dari Sungai Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya yang tercemar Limbah Penggilingan Bijih emas. Jurnal Biotik. 4(1), 33-40.




DOI: https://doi.org/10.30601/tilapia.v3i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andri Ismunandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Tilapia oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/tilapia/index.