Studi Terhadap Kebersihan Pangkalan pendaratan Ikan (PPI) Lambada Lhok, Aceh Besar

Vindi Arianda, Faisal Syahputra, Fauzi Syahputra

Abstract


Pelabuhan Perikanan di Indonesia pada umumnya jarang memperdulikan kebersihan pada fasilitasnya. Kebersihan pada Pelabuhan perikanan adalah hal terpenting untuk mempertahakan kualitas ikannya. Salah satu pelabuhan perikanan yang tidak tergolong bersih di Pangkalan Pedaratan Ikan (PPI) Ujong Baroh. PPI Ujong Baroh adalah pelabuhan perikanan tipe D yang terletak di Aceh Brat, pelabuhan perikanan ini memiliki aktivitas yang cukup ramai. Sehingga pihak nelayan banyak melakukan aktivitas pendaratan ikan di pelabuhan pelabuhan perikanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kondisi aktual kebersihan di PPI Ujong Baroh. Data ini menggunakan data primer dengan cara wawancara dan didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya (data sekunder). Penelitian dilakukan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Baroh, Aceh Barat yang dilakukan pada bulan April 2022. Parameter penelitian ini adalah pihak pengelola, nelayan dan pengunjung PPI Ujong Baroh. Hasil penelitian menyatakan PPI Ujong Baroh Meulaboh, Aceh Barat masih kurang bersil hal ini disebabkan karena pihak pelaku aktifitas yang masih membuang sampah sembarangan dan tidak tersediannya alat kebersian untuk menampung sisa sampah hasil aktifitas.


Kata kunci : Aktivita dan Fasilitas Pelabuhan Perikanan, Kebersihan dan PPI Ujong Baroh


Full Text:

PDF

References


Departemen Pertanian. 2002. Kebersihan dan Kebersihan. Operasional Pangkalan pendaratan ikan (PP) dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bidang Kebersihan dan Kebersihan.Proyek Pengembangan PP/PPI. Departemen Pertanian. Jakarta.

Aceh. Aceh Barat: PT Aube Gagas Ide Design Communication. Dinas Kelautan dan Perikanan. (2010).Selayang Pandang Pesisir dan Laut Aceh.

Departemen Pertanian. 2002. Kebersihan dan Kebersihan. Operasional Pangkalan pendaratan ikan (PP) dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bidang Kebersihan dan Kebersihan. Proyek Pengembangan PP/PPI. Departemen Pertanian. Jakarta. 26 halaman.

[DKP] Departemen Kelautan dan Perikanan. 2010. Potensi Perikanan Tangkap Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Aceh Barat: DKP.

Faubiany, V. 2008. Kajian Kebersihan Tempat Pendaratan dan Pelelangan Ikan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke Serta Pengaruhnya Terhadap Kualitas Ikan Yang Didaratkan. Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 146 halaman

Hardijto L. 2006. Diktat Kuliah Pengantar Teknologi Hasil Perikanan. Departemen Teknologi Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 256 halaman.

Hasibuan. 2000. Kebersihan dan Higiene Proses Produksi Ikan Kaleng di C.V pasifik Harbest Muncar Banyuwangi ± Jawa Timur. [Laporan Praktek Lapang]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Irawan, 1997. Penanganan Hasil Terhadap Hasil Tangkapan dan mutu ikan. Bogor:Erlangga. 320 halaman.

Lubis, E., A.B. Pane, Y. Kurniawan, J. Chaussade, C. Lamberts, dan P. Pottier. 2005. Atlas Perikanan Tangkap dan Pangkalan pendaratan ikan di Pulau Jawa. Suatu Pendekatan Geografis Perikanan Tangkap Indonesia. Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Lubis. E. 2012. Pelabuhan Perikanan. Bogor (ID): IPB Pr.

Lubis. 2006. Buku I: Pengantar Pangkalan pendaratan ikan. Bogor:Laboratorium Pangkalan pendaratan ikan, Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 114 halaman.

Mahyuddin, B. 2007. Pola Pengembangan Pangkalan pendaratan ikan dengan Konsep Triptyque Portuaire. Kasus Pangkalan pendaratan ikan Nusantara Palabuhanratu. Disertasi (Tidak Dipublikasikan). Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. 257 hal.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta. 126 halaman

Mustofa, HM. 2014. Perencanaan Produktivitas Kerja Dari Hasil Evaluasi Produktivitas Dengan Metode Fishbone Di Perusahaan Percetakan Kemasan Pt.X. Jurnal Teknik Industri HEURISTIC, Vol 11, Nomor 1

Rusmali, K.W. 2004. Analisis Aktivitas Pendaratan dan Pemasaran Hasil Tangkapan dan Dampaknya Terhadap Kebersihan di Pangkalan pendaratan ikan Samudera Jakarta. Bogor.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Siswati R. 2004. Penerapan Prinsip Kebersihan dan Hygiene dalam Industri Perikanan. Modul .Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zain, J, Syaifudin, Yani, A.H. 2011. Pangkalan pendaratan ikan. Pusat Pengembangan Pendidikan. Universitas Riau. Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.30601/tilapia.v5i1.3217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 vindi arianda vindi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Tilapia oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/tilapia/index.