GAME EDUKATIF DI MASA LIBURAN SEKOLAH UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SD DAN SMP BANDA ACEH DAN ACEH BESAR

Irma Aryani, Rahmi Rahmi, Syarifah Rahmiza Muzana, Putri Dini Meutia, Silvi Puspa Widya Lubis, Zulkirah Zulkirah, Nova Erliana

Abstract


Liburan sekolah seharusnya dimaknai dengan kegiatan-kegiatan positif, yang menambah wawasan, pengetahuan, serta pengalaman yang tidak didapatkan di sekolah, dan yang menambah kebersamaan dengan keluarga. Kegiatan pengabdian ini kerjasama FKIP Universitas Abulyatama dan Lembaga All In Run kegiatan ini dilaksanakan di Taman BNI Trembesi, Lampaseh, Banda Aceh, selama tiga hari dengan jumlah peserta 126 orang, dengan kisaran umur 7 tahun sampai dengan 13 tahun. Bentuk kegiatan pengabdian ini adalah games edukatif,  kelas crafting, kelas public speaking, dan kelas sains. Berdasarkan hasil evaluasli, kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan perencanaan, serta peserta dan orangtua peserta sangat antusias dengan kegiatan ini. Peserta memanfaatkan liburan sekolah dengan kegiatan positif yang dapat menambah kekreativitas, kemampuan literasi siswa melalui kelas public speaking dan kelas sains, wawasan, pengetahuan, pengalaman, teman baru, serta dapat lebih mengenal alam sekitarnya.

Keywords


Game edukatif, kegiatan, kelas.

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin dan Fajri R. (2020). Pengaruh Negatif Tayangan Televisi Terhadap Karakter Anak D TPA Baitul Munawarah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Ubudiyah Indonesia.1(2).

Aryani, I., et.al. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2).

Aryani, I., et.al. (2023). Bimbingan Belajar Guna Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia SD Gampong Meunasah Mon. Jurnal Baktimas Universitas Serambi Mekkah, 5(2)

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Online/Daring. https://kbbi.web.id/libur

Redaksi Manfaat.(2021). 8 Manfaat Membuat Kerajinan Tangan. https://manfaat.co.id/manfaat-membuat-kerajinan-tangan.

Suryani, et.al. (2022). Peningkatan Literasi dan Numerasi Terhadap Anak-Anak Pemulung Di Taman Edukatif Anak Aceh. Jurnal Baktimas Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, 4(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020