MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS: PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL
Abstract
Pembentukan karakter religius anak usia dini merupakan aspek fundamental dalam pendidikan yang memerlukan peran aktif pendidik. Artikel ini membahas bagaimana pendidik dapat menanamkan nilai agama dan moral melalui berbagai pendekatan dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi observasi, wawancara, dan intervensi berbasis praktik baik dalam lingkungan sekolah. Hasil menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sentral dalam membangun karakter anak melalui stimulasi nilai agama, sosial emosional, serta lingkungan pembelajaran yang kondusif. Diharapkan temuan ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan program pembelajaran yang lebih sistematis dan berbasis nilai moral serta agama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R., Maulida, N., & Harahap, D. (2023). Dampak pendidikan karakter religius terhadap perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(1), 44–53.
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.
Hidayati, N., Ramadhani, S., & Yusuf, A. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis agama terhadap sikap prososial anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 4(1), 31–40.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Kemdikbudristek.
Lestari, S., & Widiastuti, A. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis karakter terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 6(2), 88–96.
Lickona, T. (2004). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Maulana, I., & Yusuf, M. (2019). Peran pendidik dalam menanamkan nilai agama Islam pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 25–34.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis moral di dunia pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Ningsih, L., & Ramadhani, D. (2022). Strategi pembelajaran kontekstual untuk penguatan karakter religius anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 7(1), 12–21.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© Jurnal Abdimas
Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020