PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN SIRIH MERAH (Piper crocatium Ruiz &Pav) TERHADAP PENURUNAN GLUKOSA DARAH PADA MENCIT

Afryani Maha, Elmiyati Elmiyati, Surya Nola

Abstract


: Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak cukup menghasilkan insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan sehingga menyebabkan hiperglikemia (kelebihan kadar glukosa darah). Jumlah penderita diabetes mellitus di dunia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan karena adanya perubahan dari gaya hidup yang tidak sehat. Pengobatan diabetes sering menggunakan insulin dan obat antidiabetes yang memiliki efek samping, sehingga banyak orang yang beralih kepada pengobatan tradisional (herbal) karena lebih aman dari efek samping. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air rebusan sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) pada kadar glukosa darah mencit jantan (Mus musculus L). Penelitian ini dilakukan dengan mencit jantan sebanyak 24 ekor dan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompo control, kelompok dosis 0.13 ml/grBB, kelompok dosis 0.26 ml/grBB dan kelompok dosis 0.39 ml/grBB. Data dari hasil penelitian dianalisa dengan metode analisa varian (ANOVA) satu arah, kemudian analisa data dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari pada penurunan kadar glukosa darah pada mencit dengan dosis yang paling efektif pada kelompok dosis 0.26 ml/grBB dan 0.39ml/grBB.


References


World Health Organisation. Diabetes. 2015. http:www.who.int/mediacentre/factsheets/fs312/en.

Suyono S. BUKU AJAR ILMU PENYAKIT DALAM. 6th ed. (Setiati S, ed.). Jakarta Pusat: Interna Publishing; 2014.

Saputra MR, Yuniarta E, Sumarmin R. DOI : 10.24036/eksakta/vol19-iss01/124. 2018;19(1).

International Diabetes Federation. Data Visualisation. International Diabetes Federation; 2014. http://www.idf.org/membership/wp/indonesia.

World Health Organisation. Diabetes Fakta Dan Angka. World Health Organisation; 2016. www.searo.who.int.

Kementerian Kesehatan RI. Infodatin diabetes. 2014.

Shinta DY. PEMBERIAN AIR REBUSAN DAUN SIRIH MERAH ( Piper crocatum Ruiz & Pav ) TERHADAP KADAR GLUKOSA DAN KOLESTEROL. 2016;8(2):180-185.

J SA. in Stretozotocin Induced Diabetic Rats Aktifitas Antidiabetik dan Antioksidan Extract Etanol 70 % Daun Sirih Merah ( piper crocatum ) pada Tikus Wistar Model Diabetes Mellitus. 29(1):1-4.

Anggi V. The Effect Hypoglycemic of Ethanol Extract Combination Red Betel Leaf ( Piper crocatum ) and Dayak Onion ( Eleutherine palmifolia Merr ) in Streptozotocin-Induced. 2019;11(6):1401-1405.

Amelia F, Wijayani E, Angeline E. Sirih Merah Untuk Obat Diabetes Inovasi Tim UGM. 2013.

Dahlan M. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. 5th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

I Ketut Swarjana, S.K.M. MPH. Statistika Kesehatan. (C AA, ed.). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET; 2016.

Hidayat T. SIRIH MERAH Budidaya Dan Pemanfaatan Untuk Obat. (Ari, Fazrul, Umaroh U, eds.). Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2013.

Upadhyay RK. Antidiabetic potential of plant natural products: A review. 2016;2016(3):3-7. https://pdfs.semanticscholar.org.

Riami R, Sudiana IK, Purwanto B. The effect of red betel leaves ( Piper crocatum Ruiz and Pav .) on blood sugar and insulin expression levels in rat ( Rattus norvegicus domesticus ) models of diabetes mellitus. 2019;11(3):553-557.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.