TEMPERAMEN SISWA SMP SELAMA PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI COVID 19

Abidah Abidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi temperamen siswa SMP selama pembelajaran daring akibat dari adanya pandemik COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan informasi data menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mencari data mengenai hal-hal yang relevan dengan kondisi temperamennya siswa selama pembelajaran daring. Kriteria siswa yang diwawancara adalah siswa SMP yang menjalani pembelajaran daring dari rumah. Deskripsi hasil penelitian ini menunjukkan adanya variasi temperamen. Hasil wawancara dan observasi mendeskripsikan temperamen siswa selama pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid 19 adalah temperamen difficult child dan temperamen slow-to-warm-up child. Tipe temperamen pada responden pertama dan ketiga sesuai dengan temperamen difficult child. Siswa yang termasuk dalam tipe difficult child ini bereaksi secara negatif terhadap sesuatu hal. Selain itu, siswa tersebut lebih sering menangis dan lambat dalam menerima perubahan. Sedangkan tipe temperamen pada responden kedua sesuai dengan temperamen slow-to-warm-up child, siswa yang termasuk dalam tipe ini biasanya memiliki tingkat aktivitas yang rendah serta suasana hati yang negatif. Anak-anak dengan tipe ini juga dianggap sebagai anak yang pemalu. Sebab anak-anak dengan tipe ini tidak nyaman dengan hal baru dan lambat dalam beradaptasi. Selain itu, anak-anak dengan tipe ini lebih sering mengekspresikan suasana hati yang negatif secara lambat.

Keywords


temperamen siswa; belajar selama pandemi; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Al Ansori, A.N. (2020). Belajar di rumah akibat corona covid-19, ini pendapat dan harapan anak Indonesia. Liputan6. https://m.liputan6.com/health/read/4224969/b elajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-ini- pendapat-dan-harapan-anak-indonesia (diakses 31 Agustus 2020).

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vol. XII, No. 7/I/Puslit/April/2020.

Ashari, M. (2020). Proses pembelajaran daring di tengah antisipasi penyebaran virus corona dinilai belum maksimal. https://www.pikiran- rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses- pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi- penyebaran-virus-corona-dinilai-belum- maksimal (diakses 30 Agustus 2020).

Asuhanak.com. (2014). www. Asuhanak.com/2014/12/9-faktor-penyebab-anak-menjadi-pemarah.html

Baer, J., et.al. (2015). Child temperament, maternal parenting behavior, and child social functioning. Journal of Child and Family Studies, 24, (4), 1152–1162.

Caspi, A., & Shiner, R. (2008). Temperament and personality. Rutter's child and adolescent psychiatry, 182–198. Wiley Blackwell. https://psycnet.apa.org/doi/10.1002/9781444300895.ch14

Chess, S., & Thomas, A. (1977). Temperamental individuality from childhood to adolescence. Journal of Child Psychiatry, 16, (2), 218-226.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, (1), 55-61.

Goleman, D. (2007). Kecerdasan emosional. Jakarta: PT SUN.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan emosional. Alih bahasa: Hermaya. Jakarta, ID: PT SUN.

Gunarsa, S. D. (2003). Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: Gunung Mulia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI). (2020). Arti temperamen. https://kbbi.web.id/temperamen (diakses 14 Agustus 2020).

Kompas. (2020). Wabah corona, Nadiem: Tak semua pembelajaran online dari sekolah akan optimal. https://www.kompas.com/edu/ read/2020/03/27/080000471/ wabah-corona-nadiem--tak- semua-pembelajaran-online-dari- sekolah-akan-optimal (diakses 30 Agustus 2020).

Lerner, Jacqueline, V., Galambos, & Nancy, L. (1985). Mother role satisfaction, mother– child interaction, and child temperament: A process model. Developmental Psychology, 21, (6), 1157- 1164.

Moleong, L.J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nakayama, M, Yamamoto, H, & Santiago, R. (2007). The impact of learner characterics on learning performance in hybrid courses among Japanese students. Elektronic Journal E- Learning, 5, (3), 1.

Ormrod & Ellis, Jeanne. (2008). Educational psycology developing learners. University of Northen Colorado.

Prezi. (2020). Kepribadian, temperamen & watak. https://prezi.com/vponvazkaxo5/kepribadian-temperamen-watak/ (diunduh 14 Agustus 2020).

Purwanto, A. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1).

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. (Ed. 7). Jilid 2. Jakarta, ID: Erlangga

Santrock, J. W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Tim CNN Indonesia. (2020). Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua. CNN Indonesia. https://m.cnnindonesia.com/gaya- hidup/20200330165053-284-488368/corona- kelas-daring-dan-curhat-2-guru-untuk-orang- tua (diakses 28 Agustus 2020).

Ulutas, I., & Omeroglu. (2008). Determining methods of mother support their children’s emotion. Humanity & Social Sciences Journal, 3, (2), 151-157.

Verron, H., & Teglasi, H. (2018). Indirect effects of temperament on Social competence via emotion understanding. Early Education and Development, 29, (5), 655–674. https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1449504




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v5i1.1368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.