PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN SOFTWARE BAGATRIX TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Hamdan, B. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275
Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Graha Ilmu.
Herawati. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Precalculus Solved Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Lubuklinggau.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Musriandi, R. (2017). Hubungan Antara Self-Concept dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Dedikasi, 1(2), 150–160.
Musriandi, R., Saifuddin, & Ruwaida. (2020). Gambaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 90–97.
Nasution, S. (2009). Metode Research. Bumi Aksara.
Noviyanti, D., Siswanah, E., & Fitriani, U. (2021). Efektivitas strategi pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1990
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Rosmala, I. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media.
Sitasi, C. (2019). Penerapan Model Pbl Berbantuan Media Precalculus Untuk. 4(2), 103–115.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.
Suhita Lestari, K. A. N., Mahayukti, G. A., & Mertasari, N. M. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 263. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3487
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Grup.
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.4516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.