PERAN ORANG TUA DALAM MEMAHAMI RESILIENSI DAN TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., Fazadinda, R., & Rahma, N. (2020). Hubungan antara Persepsi Dukungan Sosial dan Resiliensi Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 9(2), 102-110. https://doi.org/10.21009/JPPP.092.08
Amelasasih, P. (2016). Resiliensi Orangtua yang Mempunyai Anak Berkebutuhan Khusus. PSIKOSAINS, 11(2), 72-81. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.638
Chodidjah, S., & Kusumasari, A. P. (2018). Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Sekolah dengan Autis. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 94-100. https://doi.org/10.7454/jki.v21i2.545
Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.
Dewi, F. N. (2017). Hubungan antara Resiliensi dan Kebahagiaan Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus.
Edyta, B., & Damayanti, E. (2016). Gambaran Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak Autis di Taman Pelatihan Harapan Makassar. Jurnal Biotek, 4(2). 10.24252/jbiotek.v4n2a2016.211-230
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26-42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Faradina, N. (2016). Penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).
Hermawati, N. (2018). Resiliensi Orang Tua Sunda yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(1), 67-74.
Idhartono, A. R., & Hidayati, N. (2024). Dinamika Subjective Well-Being dan Resiliensi Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 417-426.
Khasanah, N. (2018). Peran Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 260-266).
Kusumandari, R., Arifiana, I. Y., Saprida, J., & Gading, A. (2021). Resiliensi Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi. Jurnal Psikologi Konseling, 18(1), 844-849.
Lestari, F. A., & Mariyati, L. I. (2016). Resiliensi ibu yang memiliki anak down syndrome di Sidoarjo. Psikologia: Jurnal Psikologi, 3(1).
Nida, F. L. K. (2021). Kontribusi Muhasabah dalam Mengembangkan Resiliensi Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), 244-262.
Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.
Nuryati, N. (2022). Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Unisa press.
Purwanti, D. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara resiliensi dengan psychological well-being pada ibu yang memiliki anak dengan gangguan autis. Jurnal Empati, 7(1), 283-287.
Putri, E. S., Suryani, K., & Daeli, N. E. (2021). Konsep Diri dan Resiliensi Orangtua yang Memiliki Anak Tunagrahita. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 6(1), 65-69.
Ramadani, A., Redjeki, E. S., & Mutadzakir, A. (2016). Kemitraan Orangtua dan Lembaga Pendidikan Khusus. Jurnal Pendiidkan Nonformal, 11(1), 20-28.
Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.
Reswara, A. M. D. (2019). Hubungan antara kebersyukuran dan resiliensi pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Doctoral dissertation).
Setiawan, I. (2020). A to Z anak Berkebutuhan Khusus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sholikhati, Y. (2018). Resiliensi Anak Berkebutuhan Khusus Korban Perdagangan Manusia (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Suwartono, C., & Widyawati, Y. (2018). Pengembangan skala resiliensi keluarga dengan anak berkebutuhan khusus.
Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559-564.
https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78
Switri, E. (2022). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penerbit Qiara Media.
Wahyuminati, R., & Uyun, Z. (2020). Hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Wibowo, S. B., & Nurlaila, S. (2017). Self Esteem Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30-34.
Yatmiko, F., Banowati, E., & Suhandini, P. (2015). Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Journal of primary education, 4(2),77-84.
Yulia, A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi Resiliensi Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa Berprestasi di SLB Wacana Asih Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Yumpi, F., & Satryo, D. (2017). Resiliensi Keluarga dengan Anak Gangguan Disintegratif Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Insight, 13(1).
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.