IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah (Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah). Ekspose, 17(2), 601–614.
Asmuni. (2013). Konsep Mutu Dan Total Quality Manajement (TQM) Dalam Dunia Pendidikan. TA’DIB, 18(1), 16–41.
Aula, N.A. & Lathifah, U. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 37–45.
Aziz, A.Z. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal EL-Tarbawi, VIII(1), 69–92.
Fatmasari, D. (2012). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Total Quality Management Di SMK Pika Semarang. Educational Management, 1(2), 123–128.
Fauzi, M.S. & Falah, M.S. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Studi Di SMANU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 155–175.
Hadijaya, Y., Wibowo, M.P., Syahrahmanda, D.D., Novaliza, A., & Mayasari, I. (2023). Manajemen Strategik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31170–31176.
Hamengkubuwono. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah Di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Ar- Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, XIX(2), 254–267.
Hanim, Z., Sari, D.S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. 2(1), 43–60.
Haryana, E. (2018). Implementasi Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Indonesian Journal of Education, 2(1), 244–230.
Iskandar, J. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Jurnal Idaarah, 1(2), 268–274.
Jansa, H., Fitria, H. & Wahidy, A. (2021). Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 32–52.
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E.A. (2020). Peran Dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–202.
Kurniawan., Ahmad, S. & Wahidy, A. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3409–3418.
Ma’arif, M.A. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. At-Ta’lim, 2(2), 39–62.
Manik, E.Y. (2023). Upaya Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Sistem Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah. Jurnal Edunet, 1(1), 43–54.
Manurung, R., Harapan, E., Tahrun., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–177.
Miyati, D.S., Rasamani, U.P.P., & Fitrianingtyas, F. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 139–147.
Musnaeni., Abidin, S., & Purnamawati. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 99–104.
Nurhayati., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah. (2022). Kinerja Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JMPIS, 3(3), 634–644.
Nurussalami. (2020). Kompetensi Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan. Jurnal Intelektualita, 8(2), 110–124.
Prasojo, L.D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikian (Muh. Yazid, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UNY Press.
Safitri, E. & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 20–30.
Saril. (2019). Total Quality Management (TQM) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan. Adaara, 9(2), 963–972.
Setyo, S., Mudhofir., & Choiriyah, S. (2021). Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Berprestasi Pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 266–274.
Sholikh, D.W. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191.
Sitorus, J.M., Manik, J., & Simanjuntak, W. (2023). Hubungan Manajemen Berbasis Sekolah dan Peran Kepala Sekolah terhadap Mutu Lulusan Tahun 2021 SMK Negeri 1 Sipoholon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2142–2149.
Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, 1(1), 59–73.
Syarhani. (2022). Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Fungsi Dan Prinsip. Al Qalam, 16(6), 2007–2017.
Ulpah, M., Agustini, A., Sofiah, L., & Basrowi. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. Journal On Teacher Education, 4(3), 521–531.
Wulogening, H.I., & Timan, A. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Sistem Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 137–146.
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.