Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Islamic Social Reporting pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2013 - 2019

Devilia Puspitasari, Nana Diana

Abstract


Perkembangan tanggung jawab sosial perusahaan kini tidak hanya terdapat pada ekonomi konvensional, tetapi juga pada ekonomi syariah yang dikenal dengan ISR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan dan profitabilias terhadap pengungkapan Pelaporan Sosial Islam. Objek penelitian ini berfokus pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Daftar Efek Syariah Periode 2013 – 2019. Pada penelitian ini, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan mempublikasikan laporan tahunan 2013 – 2019 berturut-turut, perusahaan menggunakan mata uang rupiah dan perusahaan mengungkapkan item – item Pelaporan Sosial Islam dalam laporan tahunannnya. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukan ukuran perusahaan dan umur perusahaan memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Pelaporan Sosial Islam. Sedangkan variabel profitabilitas tidak mempengaruhi pengungkapan Pelaporan Sosial Islam perusahaan.


Keywords


Pelaporan Sosial Islam, Daftar Efek Syariah, Ukuran Perusahaan, Umur Perushaaan, Profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


AAOIFI. (2003). Accounting, Auditing & Governance Standards for Islamic Financial Institutions, 4th Edition, AAOIFI, Bahrain.

Aini. Nur., Susilowati, Yeye., Indarti, Kentris., Age, R. Fauziyah. (2017). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Hidup Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2012 – 2015 Hal 67 – 82, Vol 6 No. 1

Akhtaruddin, M. (2005). Corporate Mandatory Disclosure Practices in Bangladesh. The International Journal of Accounting.

Anggraini, Anita dan Mulyaning. (2015). Faktor Financial dan Non Financial Terhadap Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam Vol. 2, No. 2

Citravury, Devi. (2019). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Jenis Industri, Umur Perusahaan, Dan Penerbitan Sukuk Terhadap Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) Tahun 2010-2012. Islamic Economic, Accounting and Management Journal (Tsarwatica)

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate demgan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Hadi, Noor. (2011). Studi Eksplorasi Praktik Corporate Social Responsibility serta Motif yang Terkandung didalamnya (Kasus Perusahaan Go Publik di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Kudus:Jurusan Ekonomi Islam STAIN Kudus

Haniffa, R. (2002). “Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective”. Indonesian Management Research, 128-146.

Haniffa, R.M., & Cooke, T. E. (2002). Culture, Corporate Governance, and Disclosure in Malaysian Corporations. Abacus

Harahap, Sofyan Safri. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Hidayah, Khusnul. (2017). Determinan Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Tahun 2012-2015. IKONOMIKA : Journal of Islamic Economics and Business, Volume 2, No 2.

Kariza, Ayu. (2015). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Yang Listing di Jakarta Islamic Index. Jurnal Akuntansi.

Lestari, Puji. (2013). Determinants Of Islamic Social Reporting In Syariah Banks: Case Of Indonesia. International Journal of Business and Management Invention Vol. 2 Issue 10.

Maulida, Aldehita Purnasanti. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Simposium Nasional Akuntansi 17

Munawir dan Lubis. (2018). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan Yang Terdaftar Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2015-2017. Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran, Vol. 7 No. 2, Juli 2018

Nofitasari, Wiwit Ayu. (2018). Analisis Tingkat Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan Penerbit Sukuk Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Bursa Malaysia. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Othman, R., Thani A.M., dan Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia, Research Journal of International Studied.

Peraturan BAPEPAM-LK Nomor 11. LK.1 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah.

Pudjiastuti. (2015). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Putri, Tria Karina. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2011-2012. Sripsi Mahasiswa: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Raditya, A. N. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Depok.

Rosiana, Rita. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5, No. 1, April 2015

Syamriloade. (2011). Kelebihan dan Kelemahan Metode Kuantitatif. Diunduh pada 15 Januari 2021 dari http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2131807-kelebihan-dan-kelemahan-metode-kuantitatif/

Utama, S. (2007). Evaluasi Infrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia. Pidato Ilmiah Pengukuhan Guru Besar FE UI. Jakarta

Utami, Sri. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Social Disclosure, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 16, No. 1, Hal. 63-69

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Widiastuti, Eka. (2014). Pengaruh Faktor-Faktor Non Financial Terhadap Tingkat Islamic Social Reporting Disclosure Perbankan Syariah Vol. 2, No. 2 (2015) Indonesia Tahun 2010-2012. Skripsi tidak dipublikasikan. Depok: STEI SEBI.

Widiawati, Septi. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah tahun 2009-2011. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.




DOI: https://doi.org/10.30601/humaniora.v5i2.1837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Devilia Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL HUMANIORA


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum. Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019

Flag Counter