Analisis Mekanisme Pencatatan dana BPJS dalam Laporan Keuangan Rumah Sakit X Berbasis Syari’ah di Kabupaten Lamongan; Tinjauan PSAK NO. 45

Rosdiyati Rosdiyati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hubungan kerja sama antara pihak BPJS dengan pihak rumah sakit. Untuk mengetahui bahwa suatu rumah sakit bermutu atau tidak hal yang dilihat adalah dari segi pelayanan dan pelaporan keuangan maka dibutuhkan mekanisme pencatatan yang jelas, terstruktur dan sesuai standar. Jenis metode penelitian ini tergolong metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma interpretatif (interpretif).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit X di Kabupaten Lamongan telah bekerja sama dengan BPJS dan mekanisme pencatatan dana BPJS ada dua yaitu pertama klaim dan yang kedua pengakuan jasa layanan BPJS. Dapat disimpulkan bahwa mekanisme pencatatan dana BPJS dilakukan sesuai dengan kebijakan akuntansi yang berlaku di Rumah Sakit X di Kabupaten Lamongan, dimana ada dua prosedur pencatatan yaitu klaim dan pengakuan jasa layanan. Jika ditinjau dari prinsip Syari’ah, BPJS belum bisa dikatakan menerapkan prinsip Syari’ah dikarenakan tidak adanya kesepakatan oleh kedua belah pihak.

 


Full Text:

PDF

References


Bagus, Ida. 2017. Analisis Penerapan PSAK 45. Jurnal Analisis Penerapan PSAK No.45 Pada Rumah Sakit Badan Layanan Umum.

Depkes RI. 2008. Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

IAI. Standar Akuntansi Keuangan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. 2014.

Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013. Tentang Perubahan Atas Peraturan Atas Peratudan Presiden No 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan.

PSAK No. 45. Tentang Pelaporan

Keuangan Analisis Nirlaba.

:6.

Rarasati, Desi. 2017. Politik Kesehatan: Studi Kelembagaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Kota Malang. Surabaya : Universitas Airlangga.

Sudarmanto, E., Fitriana, A., Malau, M., Nainggolan, C. D., Zunaidi, A., Manurung, S., ... & Hidayat, G. (2021). PENGANGGARAN PERUSAHAAN.

Syairozi, M. I., Pambudy, A. P., & Yaskun, M. (2021). Analisis Penerapan Good Governance dalam Sistem Informasi Keuangan Daerah. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 49-59.

Syairozi, M. I. (2011). Analisis peranan sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di kabupaten Malang (periode 2000-2008) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Tentang Program Kesehatan.

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit.




DOI: https://doi.org/10.30601/humaniora.v5i1.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosdiyati Rosdiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL HUMANIORA


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum. Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019

Flag Counter