Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif terhadap Tumbuh Kembang Balita di BLUD Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh Tahun 2018

Desi Nurmala, Desiana Desiana, Yuni Rahmayanti

Abstract


Data riset kesehatan dasar menunjukkan bahwa balita yang diberikan ASI eksklusif secara nasional sebesar 54,3%. Rendahnya Pemberian ASI eksklusif di kalangan ibu menyusui disebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif, keterampilan petugas kesehatan tentang cara pemberian informasi dan nasehat menyusui serta banyaknya ibu yang mempunyai pekerjaan diluar rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif terhadap tumbuh kembang balita di BLUD Rumah Sakit Ibu dan Anak  (RSIA) Banda Aceh  Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan bersifat analitik dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuesioner yang telah dirancang. Hasil Penelitian diketahui bahwa pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif di BLUD Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh paling banyak berada pada kategori baik yaitu berjumlah 55 responden (91,7%), tumbuh kembang balita berada pada kategori baik yaitu berjumlah 26 responden (43,3%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pemberian ASI eksklusif dengan tumbuh kembang balita di BLUD Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Banda Aceh Tahun 2018.

Keywords


ASI Ekslusif, Tumbuh Kembang Anak

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI, Pusat Data dan Informasi, 2014

Soetjingsih. Tumbuh Kembang Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2013. Hal 137

Priyoto, Teori Sikap dan Perilaku Dalam Kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika.2014

Nurkhayati, 2014. Hubungan Antara pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif dengan Motivasi pemberian ASI Eksklusif. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Bayu, M. Pintar ASI dan Menyusui. Jakarta: Panda Media.2014

Adiningrum H. Buku Pintar ASI Eksklusif. Jakarta. Salsabila.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Serambi, S. Hubungan Pemberian ASI Eksklusif, Pengetahuan, Pendapatan dan Pola Asuh Dengan Tumbuh Kembang Anak Balita di Desa Meudhen Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2016

Santi, Mina. 2014. Implementasi Kebijakan Pemberian ASI Eksklusif Melalui Konseling oleh Bidan Konselor. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol.8, No. 8 Mei 2014

Giri, Widiastuti. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pemberian ASI dengan Status Gizi Balita di Kelurahan Kajanan Kecamatan Buleleng.Jurnal Magister Kedokteran Keluarga Vol 1, No 1, 2013 (hal 24-37).

Oktara, Resti. 2013. Gambaran Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu yang bekerja di Desa Serua Indah, Kecamatan Jombang, Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan vol.4 No 1, April 2013: 30-40.

Supartini. 2015. Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada balita.

Siregar, MA. 2014. Pemberian ASI Eksklusif dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Kiki Anggrita, 2013. Hubungan Karateristik Ibu Menyusui Terhadap Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah kerja Puskesmas Medan Amplas. Tesis.

Marmi, dan Raharjo.K. 2014. Asuhan Neonatus Bayi Balita dan Anak Prasekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Soetjiningsih, dan Ranuh, G. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 desi nurmala



Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019