Studi Analisis Daya Dukung Tanah Untuk Tiang Pancang Berdasarkan Data Sondir Pada Pembagunan Menara Mesjid Baitul Makmur

Muhammad Ridha, Muhammad Zardi, Amalia Amalia, Ichsan Syahputra, Ghazali Adami

Abstract


Mesjid Baitul Makmur yang terletak di Kampung lampoeh keude kecamatan kuta baro aceh besar, merupakan masjid utama di kecamatan tersebut. Pada tahun 2021 direncanakan pembangunan menara masjid terletak di sisi kiri masjid dengan lokasi titik koordinat 5°31'53.94"N ;  95°23'16.31"E. untuk keperluan pembangunan tersebut dilakukan pengambilan data Sondir/Cone Penetration Test (CPT). Data yang digunakan yaitu penetrasi konus (qc), Jumlah Hambatan Pelekat (JLH), Fraction Ratio (FR). Kemudian hasil data yang telah diambil diolah untuk selanjutnya diklasifikasikan tanah dan jenis tanahnya. Selanjutnya untuk data qc dan JLH, digunakan untuk menentukan daya dukung tanah untuk tiang tunggal dan kelompok dengan diameter 400mm, panjang 7m dan asumsi gaya aksial yang terjadi 400 Ton. Dari hasil pengolahan data tanah diklasifikasikan lempung padat dan pada kedalaman 4 – 7m.Berdasarkan Daya dukung tanah untuk  kelompok tiang dengan 9 buah tiang adalah sebesar Qk = 433 Ton. Lebih besar dari beban aksial yang dirancanakan yaitu sebesar 400 Ton. Maka dapat disimpulkan bahwa tanah dilokasi yang akan dibangun menara masjid dapat menahan beban rencana hingga 400 Ton.

Full Text:

PDF

References


Das, Braja M.(1995). Principles Of Foudation Engineering, Jakarta, Erlangga, Jakarta.

Das, Braja M. (1995). Mekanika Tanah I. Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Das, Braja M.(1995). Mekanika Tanah II. Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Hary Christady, (2017). Mekanika Tanah 1, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..

Hardiyanto, Hary Christady. (2018). Mekanika Tanah 2, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Irma Ridhayani. (2021). Studi Analisis Daya Dukung Tanah Berdasarkan Data Sondir Di Kampus Padhang-Padhang Universitas Sulawesi Barat. Journal of Civil Engineering. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sulawesi Barat.

Isleem, H. F., Jagadesh, P., Qaidi, S., Althoey, F., Rahmawati, C., Najm, H. M., & Sabri, M. M. S. (2022). Finete element and theortical investigations on concrete PVC-CFRP confined cooncrete columns under axial compression. Frontiers in Materials, 9, 695.

Nova Juliana. (2019). Hubungan Daya Dukung Tanah Berdasarkan Hasil Sondir, Spt Dan Laboratorium Pada Rencana Pembangunan Gedung Multi Lantai Di Lokasi Balige. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil. Politeknik Negeri Medan.

Rahmawati, C., & Zainuddin, Z. (2016). Analysing The Route Of PCI Girder-Type Prestressed Concrete Tendons. International Journal of Science and Research (IJSR), 5, 1553–1559.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v9i1.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ammad Ridha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019