Perbandingan Analisis dan Pemetaan Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga dan Metode PCI pada Ruas Jalan Raya Narogong Kota Bekasi

Gina Sary Dewy, Rika Sylviana, Eko Darma

Abstract


Kerusakan jalan menyebabkan gangguan pada kelancaran arus lalu lintas. Jalan Raya Narogong yang berada di Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat merupakan salah satu jalan arteri dan tergolong ke dalam kelas jalan I. Jalan tersebut mempunyai jenis kerusakan yang bervariasi mulai dari retak, lubang, sampai dengan bergelombang, yang salah satunya disebabkan oleh bobot kendaraan berat yang melintas berkelanjutan. Fokus penelitian ini adalah untuk menilai dan menganalisis kerusakan infrastruktur Jalan Raya Narogong menggunakan metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index), kemudian memetakan jenis kerusakan jalan tersebut berbasis GIS. Dari hasil penelitian didapat 9 jenis kerusakan dan menghasilkan urutan prioritas bernilai 5,5 untuk metode Bina Marga, sedangkan metode PCI didapatkan 11 jenis kerusakan dan mempunyai nilai kondisi sebesar 48,5 (sedang). Untuk penanganan kerusakan perlu dilakukan pemeliharaan berkala.


Keywords


Kerusakan Jalan; Survei Kondisi Jalan; Metode Bina Marga; Metode PCI; Peta GIS

Full Text:

PDF

References


Dasar, S. A., Dan, P., Infrastruktur, P., & Gempa, T. (2010). Kementerian Pekerjaan Umum. 001.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990. 018, 47. http://sni.litbang.pu.go.id/image/sni/isi/018-t-bnkt-1990.pdf

Faisal, R., Zulfhazli, Hakim, A. A., & Muchtaruddin. (2020). Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) dalam Mengevaluasi Kondisi Kerusakan Jalan. Teras Jurnal, 10(1), 110–122.

Hardiyatmo, H, C. 2009. Pemeliharaan Jalan Raya. Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

KPUPR, B. (2004). UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38, 1(1), 3.

Lestari, E. D. (2020). Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (Studi Kasus: Ruas Jalan Sijunjung STA 103+000 - 108+000). Ilmiah, Publikasi.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 13/Prt/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 13, 1–24.

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova, Bandung.

Yunus, M. Z. B. M., & Hassan, H. B. (2010). Managing Road Maintenance Using Geographic Information System Application. Journal of Geographic Info rmation System, 02(04), 215–218. https://doi.org/10.4236/jgis.2010.24030




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v10i2.5343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gina Sary Dewy, Rika Sylviana, Eko Darma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019