Analisis Substitusi Limbah Plastik HDPE Sebagai Agregat Halus Terhadap Stabilitas dan Kelelehan Pada Aspal AC-WC

Richard Mareno, Kumita Kumita, Cut Azizah, Zuraihan Zuraihan, Deni Iqbal

Abstract


Jalan merupakan sarana transportasi yang sangat penting namun kerap terjadi kerusakan pada lapis perkerasan jalan (AC–WC) seperti retak dan berlubang akibat beban kendaraan semakin hari semakin meningkat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka limbah plastik HDPE (High Density Polyethylene) dapat dijadikan campuran aspal beton AC–WC. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik campuran aspal beton AC-WC yang disubstitusi limbah HDPE sebagai agregat halus terhadap nilai stabilitas dan kelelehan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan pemeriksaan terhadap gradasi campuran, dilanjutkan dengan perancangan dan pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal untuk penentuan kadar aspal optimum (KAO). Selanjutnya pembuatan benda uji dengan limbah HDPE sebagai agregat halus, lalu diakhiri dengan analisa data hasil pengujian Marshall. Karakteristik campuran aspal penetrasi 60/70 terhadap sifat fisis aspal dan agregat sudah memenuhi spesifikasi dan dapat digunakan sesuai dengan yang disyaratkan oleh Bina Marga 2018. Karakteristik campuran aspal dengan substitusi HDPE terhadap nilai stabilitas dan kelelehan sudah memenuhi persyaratan Bina Marga 2018. Hal ini menandakan bahwa penggunaan HDPE pada campuran aspal sudah lebih kuat dalam menahan beban dari lalu lintas dengan deformasi yang kecil. Persentase variasi HDPE yang maksimum diperoleh pada substitusi 7% dengan nilai stabilitas sebesar 1191,14 kg dan nilai kelelehan sebesar 2,77 mm.

Keywords


Marshall, HDPE, AC-WC.

Full Text:

PDF

References


Anni Susilowati, Eko Wiyono, Pratikto, 2021. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Tambah Pada Beton Aspal Campuran Panas. Jurusan Teknik Sipil : Politeknik Negeri Jakarta.

Anissa Noor Tajudin dan Latif Budi Suparma, 2014. Pemanfaatan Limbah Plastik Hdpe Sebagai Agregat Pengganti Pada Campuran Asphalt Concrete – Binder Course (AC–BC). Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Astuti, Arieyanti Dwi. 2020. Kajian Pendirian Usaha Biji Plastik di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK.

Bukhari dan Saleh. 2007.“Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan”, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Dewi, Sari Utama. 2016. Pengaruh Tambahan Limbah Plastik HDPE (High Density Polyethylene) terhadap Kuat Tekan Beton Pada Mutu K.125. Lampung : Universitas Muhammadiyah Metro.

Hamzah, Risky Aynin dkk,. 2016. Pengaruh Variasi Kandungan Bahan Pengisi terhadap Kriteria Marshall pada Campuran Beraspal Panas Jenis Lapis Tipis Aspal Beton – Lapis Aus Gradasi Senjang. Universitas Sam Ratulangi.

Harinaldi, 2005, Prinsip-prinsip Statistik, Erlangga Jakarta.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2021. Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. Online https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.

Nur Khaerat, Nur. 2021. Perancangan Perkerasan Jalan. Medan : Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Putrowijoyo, Rian. 2006. Kajian Laboratorium Sifat Marshall Dan Durabilitas Asphalt Concrete - Wearing Course (Ac-Wc) Dengan Membandingkan Penggunaan Antara Semen Portland Dan Abu Batu Sebagai Filler. Pasca Sarjana: Universitas Diponegoro.

Purwonugroho dan Parulian. 2018. Pengolahan Limbah Plastik Jenis High Density Polyethylene (HDPE) Dan Polyprophylene (PP) Dengan Metode Mix Plastic Coated Aggregate Untuk Meningkatkan Kualitas Aspal Beton. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Safariadi, dkk. 2018. Karakteristik Campuran Beraspal (Laston) akibat Pengaruh Penggunaan Instant Powder sebagai Pengganti Filler. Universitas Tanjung Pura.

Schwartz, W.M.1986. “Plastik”. Dalam Ilmu Pengetahuan Populer (terjemahan). Jilid 10. Grolier International Inc, h. 75-80.

Sihombing, Siska BR. 2021. Pemanfaatan Sampah Plastik Jenis

Polypropylene (Pp) Menjadi Bahan Bakar Alternatif. Kabanjahe : Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan.

Sumiati , Mahmuda , A. Syapawi, 2019. Perkerasan Aspal Beton (AC-BC) Limbah Plastik Hdpe Yang Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem. Teknik Sipil : Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sukirman, S., 2003. “Campuran Beraspal Panas”. Penerbit Granit : Bandung.

Syilfi, dkk. 2012. Analisis Regresi Linier Piecewise Dua Segmen. Semarang : Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.30601/jtsu.v10i2.5417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Richard Mareno, Kumita Kumita, Cut Azizah, Zuraihan Zuraihan, Deni Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Unaya


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Teknik Sipil Unaya : Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019