Analisa Kelayakan Dasar Unit Pengolahan Ikan Kayu (Keumamah) Di Banda Aceh

Rahmadani Rahmadani, Dwi Apriliani, Afwa Hayuningtyas

Abstract


Pengolahan ikan kayu (keumamah) merupakan proses pengolahan ikan yang sudah dilakukan sejak lama, proses pengolahan ikan yang berbasis pengolahan makanan khas tradisional menjadi penting untuk melestarikan cagar budaya dalam pengolahan ikan. Masalah keamanan pangan yang membuat konsumen semakin selektif dalam memilih produk dan upaya menjaga kepercayaan konsumen pada suatu produk, mengakibatkan produsen berusaha untuk selalu menjaga mutu produk yang dihasilkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan dasar unit pengolahan ikan kayu  (Keumamah)  yang berada di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan kondisi sanitasi dan hygiene dari proses pengolahan ikan kayu tidak sesuai standart. Langkah-langkah perbaikan yaitu perhatian tentang masalah peningkatan mutu proses pengolahan ikan kayu meliputi air pencucian dan es, lokasi dan lingkungan (sarana dan prasarana), kontruksi Bangunan (lantai, ventilasi, tembok, atap, toilet, tempat cuci), peralatan dan pakaian kerja, kesehatan karyawan, bahan kimia, pembersih, saniter, syarat label dan penyimpanan serta pengendalian pest.

 

Kata kunci : Kuemamah, GMP, SSOP


Full Text:

PDF

References


Bakri, M., & Nasir. 2018. Manajemen Usaha Pengolahan Ikan Kayu ( Keumamah ) Masyarakat Lampulo Banda Aceh. Serambi Akademica, 6(2), 1–8.

Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan. 2007. Peraturan Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan No. PER.011/DJ-P2HP/2007 tentang Pedoman Teknis Penerapan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan. Jakarta (ID): Ditjen PPHP, Departemen Kelautan dan Perikanan

Muhardina, V., & Rahmiati, T. M. 2017. Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Pangan Tradisional Aceh Ikan Keumamah Berskala Industri Rumah Tangga. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140.

Nurani, T. wIJI, Iskandar, B. H., & Wahyudi, G. A. 2011. Kelayakan Dasar Penerapan HACCP di Kapal Fresh Tuna Longline. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 14(2), 115–123.

Sulaiman, I. 2014. Perbandingan Metode Pengeringan dan Jenis Ikan Pada Pengujian Organoleptik Ikan Kayu Khas Aceh (Keumamah). Jurnal Agroindustri, 4(1), 40–47




DOI: https://doi.org/10.30601/tilapia.v4i2.3707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmadani Rahmadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Tilapia oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/tilapia/index.